Wednesday 27 January 2016

Pengenalan Algoritma, Pseudocode dan Flowchart

Bismillahirrahmanirrahim..
Selamat malam teman-teman..

Baik, pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit pengenalan algoritma yang saya pelajari di kampus, pasti diantara teman-teman semua sudah banyak yang tahu tentang algoritma dan ada juga yang tidak tahu jadi bagi yang belum tahu semoga setelah membaca artikel postingan saya ini jadi agak sedikit mengerti ya, amin.. hehe.. :)

Apa sih algoritma itu?
Simple-nya begini, algoritma itu berisi langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas/masalah. Ya, langkah-langkah sebuah proses dengan logis dari awal sampai akhir dengan efektif..
Maka sebuah algoritma itu harus:
1. Memuliki masukan (input)
2. Menghasilkan keluaran (Output)
3. Terdefinisi dengan jelas (definiteness)
4. Memiliki kondisi akhir (finiteness)
5. Memberikan solusi yang diharapkan (effectiveness)
6. Berlaku untuk setiap himpunan input sesuai dengan masalah yang diberikan (generality)

Contoh Algoritma:

Program hitung_kembali
    {menghitung uang kembali apabila input data tersebut diberikan}
Deklarasi
    long sisa,uang_bayar,total_bayar
Deskripsi
    baca total_bayar
    sisa=uang_bayar-total_bayar
    cetak sisa
end

Ada 2 cara untuk menyajikan algoritma:
1. Pseudocode
2. Flowchart

Pseudocode
Meupakan salah satu cara untuk menuliskan algoritma.

Karakteristik Pseudocode:
1. Statemant atau perintah ditulis dalam bahasa Inggris/Indonesia sederhana
2. Setiap perintah ditulis dalam baris terpisah
3. Keyword digunakan untuk menjelaskan kontrol struktur tertentu
4. Setiap set/bagian instruktur memiliki awal dan akhir
5. Pengelompokkan statemant bisa membentuk satu modul yang mempunyai nama

Struktur Pseudecode
=> Algoritma terdiri dari 3 bagian:
1. Judul (Header): Mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, fungsi.
2. Deklarasi: Mendefinisikan nama variabel, nama konstanta, nama prosedur, nama fungsi yang akan digunakan dalam algoritma.
3. Deskripsi: Mendefinisikan langkah-langkah penyelesaian masalah mulai dari input,proses dan output.
=> Pada setiap bagian tersebut apabila akan dituliskan komentar mengenai setiap bagian tersebut dituliskan diantara tanda kurung kurawal. Contoh {komentar}

Contoh pseudecode

Program luas_lingkaran
    {menghitung luas lingkaran apabila jari-jari lingkaran tersebut diberikan}
Deklarasi
    inisialisasi konstanta phi=3,14
    inisialisasi r,uas_lingkaran
Deskripsi
    baca data r
    luas_lingkaran=phi*r*r
    cetak luas_lingkaran
end

Flowchart
Flowchart adalah suatu alat yang menunjukkan langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam menyelesaikan suatu permasalah untuk komputasi dengan cara mengekspresikan kedalam serangkaian simbol-simbol grafis.

Contoh flowchart

http://colletanmahasiswa.blogspot.co.id/
Flowchart




















Cukup sekian pembahasan tentang algoritma, pseudocode dan flowchart, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua..
Salam hangat dan sampai jumpa di postingan berikutnya..


Referensi: Slide STMIK Nusa Mandiri

No comments:

Post a Comment

Berbahasalah dengan baik dan sopan.
Komentar yang menurut admin tidak baik dan sopan akan dihapus.